Ka. Unit : H. IWAN SOMANTRI, SKp, M. Kep

Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya merupakan institusi pendidikan tinggi kesehatan dengan salah satu misinya yaitu membuat jejaring kemitraan dengan institusi lain dalam rangka optimalisasi fungsi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Dalam upaya mendukung misi tersebut maka adanya unit pendukung berupa Unit Kerjasama dan Humas.

Unit Kerjasama dan Humas adalah unit pelaksana dalam pelayanan kepada masyarakat, Unit Kerjasama dan humas dipimpin oleh Kepala yang ditetapkan diantara staf di lingkungan Unit Kerjasama oleh Direktur atas usulan Pudir terkait (I, II, III). Unit Kerjasama dan humas  mempunyai tugas memberikan pelayanan kerjasama lintas sektoral dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ruang lingkup kerjasama Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya yaitu dapat menjalin kerjasama dengan mitra kerjasama di dalam negeri maupun luar negeri berdasarkan itikad baik antara kedua belah pihak dengan memperhatikan hukum nasional dan internasional yang berlaku. Kegiatan kerjasama meliputi kerjasama akademik dan non akademik yang dianggap menguntungkan dan bermanfaat bagi pengelolaan/ pengembangan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Sebagai contoh pada tahun 2011 telah terjalin kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dengan mitra kerjasama yaitu HMP GmbH Jerman, yang kemudian adanya fasilitasi kerjasama dengan Senior Experten Service (SES) Jerman tahun 2017. Pada bulan Maret tahun 2017 Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya telah mengimplementasikan kerjasama dalam bentuk Kegiatan teoritical in Class Lecture pada Dosen/Staf maupun Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dari Dr. Axel Riehn University seorang Ahli Ginekologi University Clinics Dresden Clinics Dresden.

Kegiatan General Lecture bagi Prodi DIII Gizi Tasikmalaya dan Kegiatan Training bagi Dosen Prodi DIII PIKES Tasikmalaya